Tinjau Lokasi Irigasi yang Sebabkan Banjir: Loekman Minta Masyarakat Jangan Buang Sampah Sembarangan

Tinjau Lokasi Irigasi yang Sebabkan Banjir: Loekman Minta Masyarakat Jangan Buang Sampah Sembarangan

Lampung Gazette (10/06/2020) Lampung Tengah ---  Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto akan mengerahkan alat berat untuk membantu mengeruk saluran irigasi yang digerus erosi dan tumpukan sampah sehingga mengakibatkan aliran air di irigasi tidak lancar atau tersumbat, di Lingkungan I Bandar Jaya Timur, Kecamatan Terbanggi Besar, Selasa (9/6/2020).

Loekman saat melakukan tinjauan ke lokasi irigasi  juga didampingi oleh Camat Terbanggi Besar Fathol Arifin, dan Lurah Bandar Jaya Timur Taruna Jaya.
"Kujungan saya ke lokasi ini untuk menindak lanjuti laporan dari  masyarakat Lingkungan I, Bandar Jaya Timur dengan permasalahan terjadinya banjir di sekitar irigasi jika sudah musim penghujan," tutur Loekman.

Untuk itu, dilakukan pengecekan di sekitar irigasi untuk menemukan sumber masalah yang mengakibatkan banjir.

 "Karena itu kita melakukan pengecekan terlebih dahulu apa yang menjadi peyebab terjadinya banjir, " tambahnya.

Selain itu,  Loekman juga mengatakan bahwa akan melakukan pembersihan secara bergotong-royong bersama masyarakat untuk melakukan pembersihan aliran tersebut agar irigasi berfungsi normal.

"Selain menurunkan alat berat, kita juga akan melakukan pembersihan aliran irigasi dengan bergotong-royong dengan masyarakat untuk memperbaiki aliran air agar aliran air di irigasi ini normal pada umumnya. Saya juga berpesan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan atau membuang sampah di aliram irigasi," imbaunya.

Salah satu masyarakat setempat,  Romli membenarkan irigasi sering banjir jika musim penghujan.

"Jika musim penghujan sering terjadi banjir akibat luapan air irigasi yang tersumbat, oleh karena itu kami berharap kepada pemerintah daerah segera melakukan perbaikan irigasi yang berdekatan denagan pemukiman warga, karna akibatnya luapan air irigasi ini membahayakan warga setempat," tutup Romli. (*)

Komentar

Statistik Pengunjung